Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan – Hartono; Sri Murhayati; Helmiati; Promadi; Zulhidah; Akbarizan.Paikem: Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan / Hartono, Sri Murhayati, Helmiati, Promadi, Zulhidah, Akbarizan .2008

Katalog Unduh Salinan Konten Digital MARC Unicode/UTF-8 Format MARC Format XML MARC Format MODS Format Dublin Core (RDF) Format Dublin Core (OAI) Format Dublin Core (SRW)

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan

$a Paikem: $b Pembelajaran aktif kreatif inovatif yang efektif dan menyenangkan /$c Hartono, Sri Murhayati, Helmiati, Promadi, Zulhidah, Akbarizan

Perencanaan Pembelajaran Pakem

Strategi Pembelajaran Pemahaman Membaca/Zulhidah; editor: Husni Thamrin Pembelajaran mendalam: 7 strategi luar biasa untuk pembelajaran mendalam dan berkesan / Eric Jensen, Leann Nickelsen; terjemahan, Benyamin Molan; Redaksi, Tim Indeks Penanggulangan Bahaya Jil dan Fla / Hartono Ahmad Jaiz; editor: Muslich Taman Bunga Bunga Rampai penyimpangan agama di Indonesia / Hartono Ahmad Jaiz; penerbit: HM. Yasir Abdul Muttalib Potensi Akademik: (Presentasi ilmiah oleh dosen dan staf nasional dan internasional) / E.Erwan; AR Alimon; A.Q Sazili; H.Yakub; Novriyanto; Muhammad Tawwaf; Helmiati; Risnawati; Siti Aisyah; Zamsiswaya; Yendraliza; Julie Wartono; Hari Saputra; Astuti Meflinda; Fadly Ferdian; Desrir Miftah; Nur Islami; Susnaninsihsi; Editor Akbarizan

Kepercayaan dan Kepercayaan Sesat di Indonesia / Hartono Ahmad Jaiz; Redaksi : H. Abduh Zulfidar Akaha Peta Dakwah Kota Pekanbaru : Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman 2005 / Husni Thamrin, Ilyas Husti, Dahlan Jamil, Helmiati, H. Syamruddin NST, Ismardy Ilyas, HM. Ridwan Hasbi, Abu Bakar, Nurhasanah Permasalahan Dakwah: Kajian Pemetaan Dakwah Provinsi Riau / Haswir, Ismardi, H. Akbarizan, Heri Sunandar Seleksi Khutbah Jum’at Satu Tahun / Hartono Ahmad Jaiz , [… Dan. al]; Redaksi: HartonoAhmad Jaiz Pengertian Metodologi Penelitian dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Buku Ajar Mahasiswa Jurusan Pengajaran Bahasa Inggris/Belajar Zulhidah merupakan suatu proses perubahan perilaku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Menurut pengertian tersebut, belajar adalah suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Sedangkan belajar dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk mengajar siswa. Seorang siswa dianggap berhasil dalam proses pembelajaran apabila setelah menyelesaikan proses pembelajaran di kelas, pada mulanya ia tidak mengetahuinya, namun kemudian menjadi mahir dan dapat menggunakan konsep, teorema, dan keterampilan. Konteks penguasaan dan penerapan di sini adalah ranah pembelajaran matematika.

Belajar juga diartikan sebagai suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk belajar atau kegiatan guru yang bertujuan untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan proses belajar siswa berlangsung secara efektif. Menurut Cagne dan Biggs dalam Tengku Zahara Djafaar, pembelajaran adalah serangkaian peristiwa atau kejadian yang mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat berlangsung dengan mudah. Dalam sistem tersebut, tujuan pembelajaran adalah mengubah masukan yang berupa siswa yang tidak terdidik menjadi siswa yang terdidik.

Pembelajaran matematika sebagai proses pengkondisian siswa untuk belajar matematika memerlukan suatu desain pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pembelajaran matematika siswa. Pentingnya pembelajaran matematika tidak terlepas dari peranan matematika dalam segala macam dimensi kehidupan, misalnya dalam kehidupan ini yang memerlukan logika karena suatu cara berpikir tidak dapat dipisahkan dari matematika, seperti silogisme dan materi lainnya. Selain itu, banyak permasalahan dalam hidup yang memerlukan kemampuan menghitung dan mengukur. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peranan matematika khususnya sebagai metode pemecahan masalah.

Jual 7 Tips Aplikasi Pakem Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyena

Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang mana siswa berpartisipasi lebih aktif, sehingga aktivitas belajarnya lebih dominan dibandingkan dengan instruksi guru. Proses pembelajaran aktif ini menuntut siswa untuk mengalami partisipasi intelektual dan emosional, selain itu partisipasi fisik dalam kegiatan ini dapat berupa memperhatikan apa yang dijelaskan guru disertai dengan penerapan berupa pemecahan masalah.

Mel Silberman menyampaikan ceramah berjudul Pembelajaran Aktif, modifikasi dari ceramah Conficius. Afirmasinya adalah sebagai berikut: “Apa yang saya dengar, saya lupa; Apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit; Apa yang saya dengar, lihat, tanyakan atau diskusikan dengan orang lain, saya mulai mengerti; Apa yang saya dengar, lihat, diskusikan dan lakukan, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan; Apa yang saya ajarkan kepada orang lain, guru saya (Apa yang saya dengar, saya lupa; Apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit; Apa yang saya dengar, lihat dan tanyakan atau diskusikan dengan teman, saya mulai mengerti; Apa yang saya dengar, lihat, diskusikan dan melakukannya, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang saya ajarkan kepada orang lain, saya memperolehnya).

Piaget dan Glaserveld menegaskan dalam Winarno bahwa pengetahuan tidak dapat ditransfer dari otak guru ke otak siswa. Pengetahuan dapat diperoleh melalui upaya siswa mengorganisasikan pengalaman-pengalaman baru dalam pengetahuan yang sudah ada dalam kerangka kognitifnya. Lebih lanjut Piagiet, Bruner, dan Vigotsky menjelaskan bahwa agar proses pembelajaran dapat berlangsung pada siswa, mereka harus melakukan aktivitas fisik dengan benda-benda nyata sambil melakukan aktivitas mental dalam kelompok. Kegiatan tersebut misalnya membuat soal dengan kertas dan pensil, membuat soal yang berkaitan dengan pembelajaran/yang diajarkan, permainan matematika/kegembiraan matematika, pekerjaan rumah kelompok, dan lain-lain.

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan

Proses pembelajaran hendaknya dimulai dari pengetahuan yang sudah ada dalam benak siswa atau yang mudah dijangkau dan dipahami oleh siswa. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri mata pelajaran matematika, yaitu:

Jual Buku Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif & Efisien, Menyenangkan (paikem) Karya Dr. Susanto, M.pd

3. Perbedaan kemampuan siswa dalam mempelajari atau memahami suatu topik matematika dan memecahkan masalah ditentukan oleh perbedaan penguasaan subtopik yang diperlukan,

4. Penguasaan siswa terhadap suatu mata pelajaran baru tergantung pada penguasaannya terhadap mata pelajaran sebelumnya. Materi pembelajaran hendaknya disajikan secara progresif sambil memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami, menguji, bertanya atau berdiskusi. Penyajian materi hendaknya dimulai dari yang mudah ke yang sulit, dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang konkrit ke yang abstrak, dari yang diketahui ke yang tidak diketahui, dari yang khusus ke yang umum, dan dilanjutkan dengan penalaran.

7. Waktu yang digunakan untuk mengatasi permasalahan pribadi siswa, baik yang berhubungan dengan mata pelajaran maupun tidak.

John Holt yang dikutip Mel Silberman berpendapat bahwa pembelajaran akan lebih baik jika siswa diminta melakukan hal-hal berikut:

Guru Masih Sulit Kembangkan Pembelajaran Aktif Dan Kreatif

Uraian di atas dapat mengklasifikasikan pembelajaran aktif, meliputi aspek siswa dan guru. Dari sudut pandang siswa, pembelajaran aktif adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam suatu konteks pembelajaran, sedangkan dari sudut pandang guru atau fasilitator, pembelajaran aktif adalah suatu strategi pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran yang dilakukan memerlukan perhatian siswa. kegiatan yang harus dilakukan secara aktif. Umumnya dalam pembelajaran aktif, guru dituntut untuk memantau aktivitas belajar siswa, memberikan umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran, dan menantang ide-ide siswa. Selama ini, siswa aktif bertanya, mempresentasikan ide, dan saling menantang gagasan dan gagasan satu sama lain. Hubungan ini (antara siswa aktif, atau siswa aktif dengan guru) juga dapat dikatakan sebagai pembelajaran interaktif, artinya dalam pembelajaran tidak hanya satu bagian yang aktif dan bagian lainnya pasif, tetapi semuanya aktif. dan menciptakan kondisi yang kondusif untuk suatu kursus.

Memiliki teori pembelajaran aktif menginspirasi ide-ide menuju pembelajaran aktif. Siswa tidak hanya perlu kreatif dan aktif dalam pembelajarannya, tetapi guru juga perlu melakukannya. Guru dalam kreativitasnya dapat mengembangkan sebanyak mungkin kegiatan yang berbeda-beda agar siswa tidak bosan. Upaya tersebut meliputi diskusi, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, dan lain-lain. yang dapat mendorong interaksi dinamis antara siswa, siswa-guru, lingkungan belajar siswa (bahan, alat, dll). Selain itu dengan alat bantu, guru dapat membuat alat bantu pembelajaran yang sederhana mengingat penggunaan alat bantu tersebut mendorong keaktifan siswa dan membantunya dalam memahami konsep yang diajarkan. Guru juga wajib mengembangkan materi yang digunakan, misalnya lembar kerja siswa (LKS), multimedia, dan lain-lain.

Pembelajaran yang efektif adalah bila hasil belajar yang dicapai siswa maksimal. Untuk mengukur faktor pembelajaran tertinggi yang dimaksud, Suharsimi Arikunto menawarkan instrumen yang harus dijawab, sebagai berikut:

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan

Apabila kelima pertanyaan tersebut dijawab “ya”, maka penelitian yang dilakukan dapat dikatakan efektif dan efisien. Namun jika tidak, hal ini perlu dibenahi agar pembelajaran dapat terlaksana secara efektif.

3. Mutu Guru

2. Pembelajaran berdasarkan pengalaman dapat terjadi ketika siswa menilai diri sendiri. Pengalaman belajar dapat memberikan kesempatan belajar kreatif dan pemeriksaan diri (self-criticism). Artinya evaluasi instruktur bersifat sekunder

Para peneliti berpendapat bahwa pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang efektif atau suatu keharusan untuk pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian terbaru mengenai pengajaran matematika yang efektif berfokus pada pengajaran yang meningkatkan keterlibatan siswa. Jadi, pada prinsipnya, agar pembelajaran menjadi efektif, pembelajaran harus terjadi dengan sedikit atau tanpa waktu yang dihabiskan untuk perkuliahan. Sebagian besar waktu belajar dicurahkan untuk aktivitas intelektual dan emosional siswa, memantau kesiapan mereka dan memeriksa pemahaman mereka.

C. Menyajikan materi pembelajaran baru secara bertahap dan antar segmen presentasi kecil memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami, mencoba, bertanya, berdiskusi, dan lain-lain.

A. Pengecekan pemahaman siswa dilakukan dengan memberikan pekerjaan rumah. Guru memberikan penjelasan yang menetapkan tahapannya, kemudian siswa menyelesaikan tugasnya. Guru bergilir untuk memeriksa hasil pembelajaran dan memberikan bantuan jika siswa mengalami kesulitan. Siswa merangkum proses atau langkah-langkah penyelesaian masalah

Buku Pakem Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan

C. Saat mempelajari konsep atau teknik, siswa menyelesaikan latihan yang dipandu. Guru membimbing dengan meminta siswa bekerja dalam kelompok kecil atau berpasangan untuk merumuskan jawaban latihan, mencari pola yang mungkin, dan mengembangkan strategi yang diperlukan untuk menyelesaikan latihan.

Perpaduan pembelajaran aktif, kreatif dan efektif diharapkan dapat memberikan lingkungan pembelajaran matematika yang menyenangkan khususnya bagi siswa. Dengan cara ini, siswa dapat memahami pelajaran dengan lebih mudah karena lingkungan internal dan eksternal mendukung mereka. Pembelajaran yang bagus

Metode pembelajaran paud yang efektif dan menyenangkan, media pembelajaran kreatif dan inovatif, pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan, cara mengajar efektif dan menyenangkan, belajar kreatif dan menyenangkan, pembelajaran asyik dan menyenangkan, cara belajar efektif dan menyenangkan, pengertian pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan, menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, cara mengajar bahasa inggris yang efektif dan menyenangkan, model pembelajaran inovatif dan efektif, metode pembelajaran kreatif dan inovatif

AdminKhoirot

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan yang dipublish pada 18/08/2024 di website Khoirot.ponpes.id

Artikel Terkait

Leave a Comment